Saturday, January 25, 2020

Perjalanan Ke Gunung Papandayan

Halo, hari ini aku akan berbagi pengalaman mendaki Gunung Papandayan, Jawa Barat.
Perjalanan dimulai pada pagi hari di Jakarta Selatan. Ketika itu, aku mendaki bersama saudara dekat. Kami berangkat.
Kami melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang penuh truk asal Sumatra. Mengalami macet di pertigaan tol arah Bandung. Macet berlalu, kami langsung jalan ke Tol Cipularang.

Tol Cipularang adalah salah satu jalan tol terekstrim di Indonesia, dengan medan menanjak-menurun dan berkelok cukup tajam, untuk ukuran jalan tol. Kami sampai di basecamp pada siang hari, setelah melewati jalur alternatif di dekat Cicalengka.
Di awal trek, perjalanan menembus belerang, yang baunya dapat membikin pusing. Treknya ringan, tidak seperti di gunung Slamet atau Mahameru. Kami sampai di Pondok Salada dalam hanya 3 jam.
Kami mendirikan tenda, masak, dan rehat. Anehnya, ada beberapa motor trail yang diparkir di dekat warung.
Pondok Salada sangat nyaman, aku bangun pukul 2:30 pagi untuk Summit Attack. Kami berangkat ke puncak, tapi treknya tidak jelas. Kami melewati hutan mati, yang entah kapan kebakaran.
Karena trek tidak jelas, kami memutuskan untuk pergi ke Tegal Alun, sebuah padang edelweis yang sangat indah.

Tegal Alun adalah titik terindah di Gunung Papandayan, dengan ratusan pohon edelweis. Biasa disebut sebagai surga edelweisnya Papandayan.
Kami turun ke Pondok Salada 1,5 jam setelah kami sampai di sana. Turun jauh lebih cepat dari pada naik.
Setelah sampai di Pondok Salada, kami langsung istirahat sekitar 1,5 jam. Kami turun ke titik awal, untuk naik Goldfren dan langsung pulang, yang untungnya bebas macet.
Tarif:
Masuk: 1 orang dewasa Rp 20.000, rombongan Rp 18.000
Parkir: Roda 2 Rp. 12.000/hari
             Roda 4 Rp 25.000/hari
             Roda 6 Rp 110.000/hari
            Sepeda Rp 7.000/hari
Sumber:
2.https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwi7-4no-J7nAhX87nMBHfJaAbkQjRx6BAgBEAQ&url=http%3A%2F%2Fwww.papandayan.info%2F2015%2F11%2Fpondok-salada.html&psig=AOvVaw0aQDN377_kv6eJ33nf52vq&ust=1580046467384666