Saturday, January 18, 2020

Alat-Alat untuk Memanjat Tebing




Halo, hari ini aku akan berbagi kepada temen-temen semua tentang alat-alat untuk memanjat dinding vertikal.

     Harness

Image result for harness simond



Harness adalah alat yang sangat wajib dipakai pada saat pemanjatan. Temen-temen sangat wajib memakai harness, karena ini adalah penahan jatuh kalian. Hati-hati saat memilih harness, saranku, temen-temen memilih yang asli saat membeli, jangan yang kw, karena yang kw biasanya tidak se-aman harness asli. Pilihlah merek yang sudah terpercaya, seperti Simond, Beal, Petzl, atau Eiger. Merek-merek ini memang harganya cukup tinggi, tetapi jika dibandingkan dengan nyawa teman-teman, mendingan mana?

      Sepatu Khusus untuk Panjat Tebing


Image result for sepatu panjat tebing simond

Sepatu ini sangat disarankan, karena menambah grip/traksi pada kaki temen-temen pada saat pemanjatan. Biasanya pemanjat-pemanjat selalu memakainya di saat pemanjatan.  Sepatu ini harganya kurang lebih sama dengan harness, dan harga tergantung merek.

      Chalk Bag

Image result for chalk bag simond



Chalk Bag adalah tas yang dibawa memanjat dan berisi kapur magnesium, yang akan mencegah tangan temen-temen berkeringat saat memanjat (tapi jangan dipakai untuk ketiak ya ^_^).  Sangat kusarankan membawa tas ini saat memanjat. Harganya cukup murah, dengan Rp 100.000 sudah mendapat chalk bag yang kualitasnya bagus.

    Tali Kernmantle


Image result for tali panjat tebing decathlon


Tali ini adalah nyawa temen-temen, jadi temen-temen sangat sangat wajib memakainya.  Tali ini dipakai dengan mengikat simpul 8 yang terpasang langsung ke harness, atau mengikatkan simpul 8 lalu memasangkan karabiner di antara harness dan tali. Mengapa simpul 8? Karena ini adalah simpul terkuat yang ada di jenis-jenis simpul yang telah ditemukan. Tali ini ada 2 jenis, yaitu tali statis dan tali dinamis. Sangat disarankan untuk memilih tali dinamis, karena tali inilah yang paling aman.  Tali standar panjangnya  50 meter, dan ada beberapa jenis diameter, dari 8 mm sampai 30 mm.  Tali dengan diameter kecil sangat cocok untuk pemanjatan Speed, karena memiliki friksi yang kecil.  Tali dengan diameter besar sangat cocok untuk pemanjatan Lead, karena memiliki friksi yang lebih besar.

      Karabiner

Image result for karabiner simond

Karabiner adalah alat yang digunakan  untuk mempermudah pemasangan tali diantara simpul 8 dan harness. Karabiner jenisnya beragam, ada yang tanpa kunci (biasanya digunakan untuk free climbing sebagai penahan tali), dan ada yang dengan kunci. Karabiner dengan kunci dibagi lagi menjadi 2, yaitu autolock dan non-autolock. Karabiner harus kuat dan tidak mudah patah. Di pasaran, harganya berkisar sekitar Rp 50.000 sampai Rp 300.000.  Harga tergantung jenis dan merek.
Image result for simpul 8 panjat


 Simpul 8 untuk pemanjatan.


No comments:

Post a Comment