Friday, May 22, 2020

Tutorial Membuat Fungsi Di Microsoft Excel Menggunakan VBA



Halo guys, balik lagi di situs blog saya. Sebelumnya aku ingin mengucapkan mohon maaf lahir batin, berhubung besok lebaran ya 🙏. Sorry ya aku sekarang jarang menulis artikel lagi, karena fokus kepada channel youtube Ulung_RInZ.

Ok, jadi aku akan membahas tentang bagaimana membuat fungsi di Microsoft Excel menggunakan VBA atau Visual Basic For Applications.

Pertama, tekan tombol Alt+F11 atau klik Developer->Visual Basic untuk
menampilkan VBA.

VBA Excel


Oke, jadi kita akan membuat fungsi JUAL yang berfungsi untuk menghitung total penjualan. Sebelumnya, di VBA Excel buka Insert->Module lalu klik. Akan muncul tampilan seperti dibawah.

Module VBA


Lalu copy paste script dibawah ini ke dalam Module VBA.

‘Nama fungsi JUAL
‘argumen fungsi jumlah
Function JUAL(jumlah)

‘Perhitungan total penjualan
JUAL = jumlah * 2500

End Function

Kembali ke program utama Excel (klik ikon Excel di taskbar). Tempatkan pointer pada sel A2, lalu ketikkan angka berapa saja. Saya menggunakan contoh angka 13.

Angka pada sel A2

Tempatkan pointer pada sel A1, sehabis itu ketikkan =JUAL(A2), kemudian klik Enter.

Sebelum klik Enter


Sesudah klik Enter



Nah, kesimpulannya ada barang apa saja berjumlah 13 buah yang berharga Rp 2500. Jadi, 2500 dikalikan dengan 13 menjadi Rp 32500.

NB: angka 2500 bisa anda ganti sesuka anda.

Ada banyak kok script Module VBA Excel, kalian bisa copy-paste di situs ini.

Ok, jadi kita akhiri dulu, mohon maaf lahir batin dan jangan lupa subscribe channel YouTube Ulung_RInZ ya!

Sekian dari saya, terimakasih sudah melihat Artikel blog saya.

Sumber: Buku Macro VBA Excel yang ditulis oleh Yudhy Wicaksono.

No comments:

Post a Comment