Wednesday, May 6, 2020

Tips&Trik Membuat Animasi 2D Dengan Microsoft Office PowerPoint



Halo, kali ini aku akan membahas tentang tips&trik membuat animasi dengan Microsoft Office PowerPoint 2010 ke atas. Ok, kita langsung saja to the point.

·        Usahakan Animation Pane selalu terbuka





Ini yang paling penting, kamu harus selalu membuka animation pane agar mudah mereview animasi.

·        Set duration animasi lebih dari 1 detik

Animasi yang berdurasi kurang dari 1 detik pastinya tidak enak untuk dilihat. Oleh karena itu, saya sarankan agar durasi animasi lebih dari 1 detik.

·        Jangan menggunakan efek Transition


Animasi 2D bila menggunakan efek Transition pastinya tidak terlalu bagus, apalagi jika menggunakan video MP4. Efek transition saya sarankan di slide awal (judul) dan akhir (biasanya ada credits)

·        Save dengan format PPTX dan MP4/WAV

Ini yang penting, yaitu save dengan format file MP4/WAV. Lokasinya yaitu FileàExportàCreate a Video. Untuk kualitas, saya sarankan HD 720p, tapi kalau laptop/komputer anda tidak kuat untuk rendering dengan kualitas HD, saya sarankan 480p. Untuk kotak “Seconds spent on each slide” dikosongkan saja, diberi angka 0. Jangan lupa save dengan format PPTX sebagai file mentahan cadangan.

·       Gunakan gambar kartun

Yang namanya animasi, pakai gambar kartun. Kalau anda mendownload gambar yang ada backgroundnya, saya sarankan anda menghapus background gambar kartun tersebut secara otomatis terlebih dahulu lewat situs ini .

·        Gunakan Text Box


Kalau anda ingin menambahkan teks balon, anda wajib menggunakan text box, yang berlokasi di InsertàText Box. Kalau sudah, klik bagian text box dan kursor akan berubah menjadi huruf T terbalik.

Itulah sebagian kecil tips&trik membuat animasi 2D dengan Microsoft Office PowerPoint 2010 keatas. Oh ya, ini link channel YouTubeku.
Nantikan artikel selanjutnya di ceritaulung.blogspot.com

Bye-bye J

à SHARE! ß    à COMMENT! ß


No comments:

Post a Comment